DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII
PENGARANG:MAWARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-25


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII (Oleh : Mawarti ; Pembimbing : Mella Mutika Sari, Sauqina ; 2023)

 

 

ABSTRAK

 

 

Sebagian besar peserta didik di SMP belum memiliki sifat kemandirian belajar, hal tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa hal, misalnya guru belum menggunakan media pembelajaran secara optimal, tetapi hanya menggunakan buku dan LKS. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan, dan kemandirian belajar peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran IPA berbasis video animasi powtoon. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi media, angket respon peserta didik, tes hasil belajar serta angket kemandirian belajar. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Validitas media berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 0,86 dengan kriteria “sangat valid” (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon peserta didik mendapatkan persentase 83,95% dengan kriteria “sangat praktis”, (3) Keefektifan media berdasarkan tes hasil belajar diperoleh n-gain score sebesar 0,79 dengan kriteria “tinggi”, (4) Kemandirian belajar mendapatkan persentase 74,83 % dengan kriteria “baik”. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan video animasi berbasis powtoon layak digunakan dalam melatihkan kemandirian belajar peserta didik.

 

 

Kata Kunci : media pembelajaran, video animasi, powtoon, kemandirian belajar.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI