DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Motivasi Perawat dengan Pelaksanaan Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) dalam Handover (Studi di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:KHARIN GUTARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


ABSTRAK

HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI SITUATION, BACKGROUND, ASSESSMENT, RECOMMENDATION (SBAR)DALAM HANDOVER DI INSTALASI RAWAT INAP RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU

 

Gutary, Kharin

 

Latar Belakang: Komunikasi SBAR adalah suatu teknik komunikasi efektif yang disediakan untuk berkomunikasi antar para petugas kesehatan dalam menyampaikan kondisi pasien. Motivasi salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi efektif SBAR yang digunakan oleh perawat saat handover.

Tujuan: Untuk menganalisis hubungan motivasi perawat dengan pelaksanaan komunikasi SBAR di instalasi rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional dengan teknik stratified random sampling yang dilakukan pada 110 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Data di analisis menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi perawat dengan pelaksanaan komunikasi SBAR saat handover di instalasi rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan nilai p-value < α (0,002 < 0,05).

Pembahasan: Pada penelitian yang dilakukan pada 110 responden terdapat hubungan antara motivasi perawat dengan pelaksanaan komunikasi SBAR. Oleh karena itu perawat harus meningkatkan motivasi kerja agar komunikasi SBAR yang dilakukan pada saat handover oleh perawat menjadi efektif.

 

Kata Kunci: Handover, Komunikasi Efektif SBAR, Motivasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI