DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUKMENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:TAUFIK HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Taufik Hidayat. 2023. Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Meninglkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas IXDi SMPN 3 Banjarmasin. Pembimbing (I) Ibu Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd. Pembimbing (II) BapakAkhmad Sugianto, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Teknik Self Instruction, Disiplin Belajar

Disiplin belajar merupakan kepatuhan seorang siswa dalam mengikuti peraturan atau tata tertib didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat disiplin belajar yang rendah pada siswa di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan guna mengecek keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk meningkatkandisiplin belajar pada siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental design dalam bentuk non-equivalent Control Group Design yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 249 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang yaitu terdiri dari 4 orang diberi perlakuan (treatment) dan 4 orang yang tidak diberi perlakuan (kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert yaitu menggunakan angket penelitian langsung untuk meningkatkandisiplin belajar siswa.

Hasil penelitian ini memerlihatkan bahwasanya berlandaskan pengecekan dengan mengaplikasikan rumus uji t-test yang memerlihatkan bahwasanya Thit > Ttab (6 > 2,446 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi bisa disimpulkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna bahwa teknik self instruction pada layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik self instruction secara inovatif pada siswa untuk meningkatkan disiplin belajar dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan tahap-tahap pelaksanaan teknik self instruction dan mampu mencari planning jika terjadi suatu hambatan dalam pelakasanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self instruction.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI