DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA MANDIKAPAU BARAT KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DAHLIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Sumberdaya perikanan darat seperti sungai, danau, waduk dan rawa merupakan sumberdaya perikanan yang memiliki nilai ekonomi yang penting bagi masyarakat. Kegiatan pemasaran tidak hanya soal produk, harga dan distribusi, tapi juga mengkomunikasikan produk kepada masyarakat atau konsumen supaya produk dapat dikenal dan akhirnya dibeli. Desa Mandikapau Barat merupakan desa dengan penghasil budidaya perikanan jenis ikan nila, namun untuk pemasaran pada usaha ini hanya dilakukan kepada pelanggan tetap sehingga pemasarannya belum optimal dalam memperluas pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT untuk menciptakan strategi-strategi yang dapat digunakan oleh pembudidaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi usaha budidaya ikan nila di Desa Mandikapau Barat berada pada kuadran I yang artinya memaksimalkan strategi kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, maka strategi yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah produksi ikan nila, memperluas pemasaran ikan nila, serta peran pemerintah dengan memberikan dukungan dan investasi berupa modal untuk meningkatkan usaha budidaya ikan nila di Desa Mandikapau Barat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI