DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI DESA MULYOHARJO KECAMATAN PAMUKAN UTARA KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:SELLA ANTIKA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


ABSTRAK

Sella Antika Dewi, 1910413120001, 2023. Implementasi Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pamukan Utara Kabupaten Kotabaru. Dibimbing oleh Saifudin. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pamukan Utara Kabupaten Kotabaru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari Merilee S. Grindle mengenai implementasi kebijakan dengan 2 (dua) variabel besar, yaitu: Isi Kebijakan dan Lingkungan Implementasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program percepatan penurunan stunting di Desa Mulyoharjo dapat dikatakan kurang terlaksana, hal ini dilihat dari indikator isi kebijakan kelompok sasaran dalam pelaksanaan kebijakan sudah terpenuhi. Tipe manfaat yang telah dicapai dalam pelaksanaan kebijakan ini dapat dikatakan sudah terpenuhi. Derajat perubahan yang diinginkan dapat dikatakan sudah terpenuhi dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting ini. Letak pengambilan keputusan dalam suatu kebijakan dapat dikatakan sudah terpenuhi. Pelaksana program dalam dalam kebijakan ini dapat dikatakan sudah terpenuhi walaupun pemerintah desa tidak ikut serta dalam pelaksanaan kebijakan ini. Sumber daya yang dilibatkan dalam pelaksanaan kebijakan dapat dikatakan sudah terpenuhi. Karakteristik lembaga dan penguasa dapat dikatakan belum terpenuhi, dikarenakan pemerintah desa lepas tangan dalam permasalah stunting di Desa dan tidak ikut serta dalam pelaksanaan kebijakan ini. Tingkat kepatuhan dan daya tanggap dari kelompok sasaran dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting dapat dikatakan sudah terpenuhi walaupun berulang kali diperingatkan.

Pemerintah Desa Mulyoharjo perlu ikut andil dan campur tangan dalam pelaksanaan kebijakan ini, kemudian lebih memperhatikan masyarakat yang anaknya terdeteksi stunting, serta remaja dan ibu hamil yang perlu diperhatikan asupan gizinyaPemerintah desa perlu mealokasikan dana desa untuk percepatan penurunan stunting di Desa Mulyoharjo ini. Kepada masyarakat yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan kebijakan ini perlu menerapkan pola makan dan pola asuh yang baik untuk menekan dan mencegah angka stunting di Desa Mulyoharjo ini.

 

Kata kunci: Implementasi, Percepatan Penurunan Stunting.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI