DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMAHAMAN GURU TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN PPKN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA (Studi Kasus Pernyataan dan Kenyataan Kinerja Guru)
PENGARANG:MUHAMMAD IRFANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


ABSTRAK 

 

Muhammad Irfansyah, 2023. Pemahaman Guru TerhadapDesain PembelajaranPPKn Dalam Implementasi KurikulumMerdeka Di SMP Negeri 1 Alalak.SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas LambungMangkurat.PembimbingSarbaini. 

 

KataKunci:KurikulumMerdeka,PemahamanGuru,DesainPembelajaran. 

Kurangmaksimalnyapenerapankurikulumolehtenagapendidikmerupakan persoalan pendidikan yang selalu sama dari tahun ketahun, sehinggapenelitianinibertujuanmengetahuirealitadaripernyataankinerjaguruPPKnSMPNegeri1Alalakmelaluiindikatorpemahamanterhadapperencanaan,pemahamanterhadappenerapan,danpemahamanterhadappenilaiandesainpembelajaran PPKn dalam Kurikulum Merdeka, sebagai bagian dari upaya untukmelihatsejauhmanapenerapankurikulumdisatuanpendidikan. 

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, ataupenelitian yang hasilnya berupa kata-kata, gambaran, dan tidak dituangkan dalambentuk bilangan atau statistik, melainkan dalam bentuk deskriptif. Penelitian inidilakukandenganbeberapatahapan,1)observasiawalpenelitian,2)analisispotensi masalah, 3) penyusunan proposal, 4) pengumpulan data, 5) Analisis datayangterkumpul,dan6)Pengujiankeabsahandata.DimanapenelitianinidilakukanterhadaptigainformanyangterdiridariKepalaSekolah,PengawasSekolah,danGuruPPKn. 

Hasilpenelitianiniadalah,berdasarkanhasilwawancaraterhadaptigainformandapatdiketahuibahwapernyataandariIbuHusnusyaziahtentangpemahamannyaterhadapperencanaan,penerapan,danpenilaiandesainpembelajarankurikulummerdekadapatdisimpulkanbahwaIbuHusnusyaziahcukupmemahamidesainpembelajaranPPKnkurikulummerdekasecaramendasar(fundamental).HalinijugadidukungdengandokumenPenilaianKinergaGuruyangpenelitilakukan. 

Darihasil penelitian ini disarankan agarguruPPKndalammenjalankantugasnyapadaimplementasiKurikulumMerdeka,agarlebihbanyakmeningkatkanvalueataunilaimelaluipeningkatankapasitaskinerjaguru.Peningkatankapasitasyangdimaksudadalah,peningkatanpadapemahamantentangdesainpembelajaranPPKnyangsesuaidenganKurikulumMerdeka. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI