DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENATALAKSANAAN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:DWI FACHRUDDIN AL FARIZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


ABSTRAK

 

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENATALAKSANAAN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD ULIN BANJARMASIN

 

Fachruddin Al-Farizi, Dwi

 

Latar Belakang: Diabetes melitus adalah penyakit menahun (kronis) berupa gangguan yangditandaidengankadarguladarahyangmelebihibatasnormal. Kenaikan prevalensi diabetesmelitus tipe 2 secara global ternyata disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai penatalaksanaan diabetes dan perubahan gaya hidup, seperti perilaku yang kurang sehat. Pengetahuan penderita diabetes sangatlah penting dalam menentukan perilaku yang dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi.

Tujuan:untuk mengetahui pengetahuan dan perilaku penatalaksanaan diabetes melitus pada penderita diabetes melitus tipe 2 di RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode:Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yakni teknik nonprobability sampling dengan jenis consecutive sampling. Sampel berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan yaitu data demografi, pengetahuan, dan perilaku. Analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil: Menunjukkan gambaran pengetahuan dan perilaku penatalaksanaan pada penderita diabetes melitus tipe 2 di RSUD Ulin Banjarmasin dari 34 responden terdapat  11 responden (32,4%) pengetahuan cukup, 23 responden (67,6%) pengetahuan baik. Sedangkan 7 responden (20,6%) perilaku kurang, 16 responden (47,1%) perilaku cukup, 11 responden (32,4%) perilaku baik.

Diskusi: Pengetahuan merupakan sarana yang dapatmembantu penderita menjalankan penanganan diabetes melitus selama hidupnya sehingga  semakinbaikpenderitamengertitentangpenyakitnyasemakinmengertibagaimanaharusberperilakudalampenanganannya.

 

Kata Kunci: Diabetes melitus, pengetahuan, perilaku, penatalaksanaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI