DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES KERJA PERAWAT DI RSD IDAMAN KOTA BANJAR BARU
PENGARANG:KHOFIFAH ERGA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES KERJA PERAWAT DI RDS IDAMAN KOTA BANJAR BARU

Salsabila, Khofifah Erga

Latar Belakang: Stres kerja pada perawat berpengaruh pada kulitas pelayanan keseheatan sehingga bisa mengakibatkan insiden kesalaahn praktik meningkat dan merugikan pelayan kesehatan di rumah sakit.

Tujuan: Mengetahuifaktor - faktor yang berhubungan dengan tingkat stres kerjaperawat di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian non-eksperimental dengan pendekatan kuantitaf dan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini 124 perawat di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru menggunakan kuesioner.

Hasil: Terdapat hubungan antara beban kerja dan kelelahan kerja dengan stres kerja (p=0,010; 0,007). Tidak ada hubungan antara usia, jenis kelamin, masa kerja, dan pendidikan (p=0,570; 0,220; 0,620; 0,320).

Pembahasan: Stres kerja behubungan dengan beban kerja berlebih yang dapat berpengaruh terhadap kelelhan pada perawat, yang diakibatkan karena kapasitas kerja yang berlebih dan tidak sesuai dengan pekerjaan. Kelelahan akan menurunkan kapasitas kerja dan ketahanan kerja yang di tandai oleh perasaan lelah, menurunnya motivasi dan aktifitas kerja. Stres kerja dapat berkurang dengan beban kerja yang tidak berlebih sehingga tidak menjadi lelah.

 

Kata Kunci: stres kerja, beban kerja, kelelahan kerja, perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI