DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DRAMATURGI IDENTITAS DIRI BIDUAN WARIA
PENGARANG:NOR SOLEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Nor Solehah. 2023. Dramaturgi Identitas Diri Biduan Waria. Skripsi, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dimas Asto Aji An’amta, S.Pd., M.A.

Biduan waria yang melakukan pertunjukkan dramaturgi ketika berinteraksi dengan orang lain dan mengelola kesan yang ia harapkan tumbuh pada orang lain terhadapnya, melalui sebuah pertunjukan diri yang mengalami setting di hadapan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana biduan waria mendramaturgikan identitasnya dalam perspektif dramaturgi dan identitas Erving Goffman.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Waktu penelitian dimulai pada bulan Januari-April 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah 4 orang waria yang berprofesi sebagai biduan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa waria menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya. Atau dengan kata lain, beberapa kaum waria memainkan peran yang berbeda antara backstage dan frontstage-nya terkait identitasnya sebagai waria. Front stage biduan waria hampir semuanya memainkan panggung depan dengan baik, yang dilakukan seperti berpakaian laki-laki di hadapan keluarga serta shalat berada di barisan laki-laki. Panggung belakang biduan waria benar-benar mengekspresikan dirinya sebagai perempuan dengan segala kepribadian dan perubahan penampilan, termasuk gaya berpakaian dan cara berbicara yang khas. Sehingga kemudian waria mengekspresikan pemilihan orientasi seksualnya ini melalui cara berpakaiannya, dimana subjek waria dalam penelitian ini menyatakan bahwa orientasi seksual mereka diarahkan pada laki-laki.

Kata kunci: Dramaturgi, Identitas Diri, Waria

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI