DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL (STUDI PERAN GURU PPKn DI SMA NEGERI SE KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:IKA INDAH PUSPITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


Ika Indah Puspita Sari, 2023. Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Rangka

            Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul (Studi Peran Guru PPKn Di SMA Negeri Se Kota Banjarmasin).

 

Kata Kunci: Peran Guru, Profil Pelajar Pancasila, PPKn

            Masalah pokok dalam penelitan ini adalah melemahnya pengamalan implementasi nilai-nilai pancasila yang berdampak pada jatuhnya karakter peserta didik pada tingkat sekolah menengah atas. Oleh karena itu, peran guru PPKn dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mata pelajaran PPKn pada ranah ini sangat penting guna menghasilkan peserta didik yang unggul di dalam berkarakter untuk masa depan Indonesia cerah.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn, hambatan pelaksanaan penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn, dan upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri Se Kota Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn antara lain sebagai fasilitator, organisator, motivator, mediator, inisiator, transmitter dan evaluator tercermin pada implementasi 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang telah diterapkan dalam pembelajaran PPKn; 2) Faktor penghambat pelaksanaan penguatan Profil Pelajar Pancasila terdapat 2 faktor yaitu factor internal berupa kurangnya pemahaman guru dalam mengartikan mengenai Profil Pelajar Pancasila dan kerja sama antar guru dalam melaksanakan Profil Pelajar Pancasila serta karakter malas peserta didik dan factor eksternal berupa terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar dan orang tua kurang mempelajari pola pembelajaran anak dan cenderung terfokus pada hasil/nilai anak; 3) Solusi hambatan penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah a) guru lebih kreatif dan berinovasi dalam memberikan pembelajaran yang menarik; b) guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat dalam belajar di kelas; c) pembiasaan budaya positif, keteladanan, bimbingan dan pendampingan oleh guru PPKn maupun guru mapel yang lain; dan d)  penerapan pembelajaran berbasis proyek.

            Saran yang diajukan adalah semua pihak baik sekolah, guru, peserta didik dan orang tua berkerja sama dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila sehingga dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI