DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023
PENGARANG:MONALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

 

Monalisa, 2023. Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun 2022/2023. Tesis, Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial  Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing (I) Prof. Dr. Deasy Arisanty, S. Si., M. Sc, Pembimbing (II) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar geografi siswa kelas XI IPS3 di SMA Negeri 8 Banjarmasin dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan metode petakonsep.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semestergenapbulanMaretsampaiApril2023dalam3sikluspertemuandenganalokasiwaktu2x45menit.Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Banjarmasin tahun pelajaran2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Pedomanobservasi,dokumentasidancatatanlapangandigunakansetiappembelajaranberlangsung,angket dan tes digunakan setiapsiklus berakhir.

Berdasarkanhasilpenelitian,diperolehkesimpulanbahwapelaksanaanpembelajarangeografi dengan menggunakan metode peta konsep guna meningkatkan motivasi belajar geografisiswa, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsepsuatumateripelajaran,(2)Menentukanide-idepokoksecarakelompok,(3)Membuatataumenyusunpetakonsepmenggunakanmedialembarkerjasiswa(LKS),dan(4)Presentasikelompok di depan kelas. Berdasarkan hasil analisis angket motivasi belajar geografi siswa,observasimotivasibelajargeografisiswa,rata-ratanilaitessiklusadapeningkatanmotivasibelajargeografisiswasetelahdilakukanpembelajarangeografidenganmenggunkanmetodepetakonsep.Haliniditunjukkandengan:(1)Datahasilobservasimotivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari3,25%padasiklusImenjadi3,63%padasiklusII dengan kategori baik, kemudianmeningkat 4,00%padasiklusIIIdengankategori baik sekali .(2)DatahasilangketmotivasisiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar78,67%menjadi87,49%menjadimeningkat93,07%padasiklus III dengan kategori sangat tinggi. (3) Rata-rata hasil tes siklus mengalami peningkatan, rata-ratapada siklus I 77,14%meningkat menjadi 88,57% pada siklus II dan94,29% pada siklus III.Berdasarkandatahasilobservasimotivasi,datahasilangketmotivasidanrata-ratahasiltessiklusdapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah belajar menggunakan metodepeta konsep. Dan penerapan metode peta konsep dapat menumbuhkan suasana pembelajarankearahyanglebihmenyenangkandanmeningkatkankeseriusan,konsentrasi,keaktifan,dansemangatdalambelajarsertamelatihdanmengembangkankreatifitasdandayaciptapadasiswa.

 

 

Kata Kunci : Peta Konsep, Motivasi Belajar, Pembelajaran Geografi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI