DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS X-J MAN 2 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ABHISTY MUTHIA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


 

Abhisty Muthia Sari, 2023. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X-J MAN 2 Kota Banjarmasin, Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Sigit Ruswinarsih.

 

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Kolaborasi, Peserta Didik

 

Abad 21 ini terdapat keterampilan yang perlu dimiliki oleh masyarakat, yaitu keterampilan 4C diantaranya critical thinking skill, creativity thinking skill, communication skill, collaboration skill. Peserta didik merupakan generasi penerus bangsa yang harus berkualitas dan tangguh dalam menghadapi kemajuan di masa mendatang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pembelajaran merupakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguraikan pelaksanaan pembelajaran dengan project based-learning dalam mata pelajaran sosiologi (2) Menguraikan peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan project based learning dalam mata pelajaran sosiologi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian diperoleh melalui guru dan peserta didik kelas X-J MAN 2 Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta melakukan uji T berpasangan. Indikator keberhasilan yang telah ditentukan dengan guru pada persentase 81%-100%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran sosiologi dengan model pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan baik, dilihat pada pelaksanaan aktivitas guru yang meningkat pada awal pertemuan sampai akhir pertemuan sebesar 18.22% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. (2) Terdapat peningkatan pada keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, dilihat pada peningkatan keterampilan sebesar 11.45%.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Guru dapat mengikuti workshop untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajar dan terus mencari serta mengembangkan model pembelajaran di kelas (2) Peserta didik agar lebih antusias dan turut aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti halnya menjawab pertanyaan, mengajukan ide, dan bertanya dalam kegiatan diskusi(3) Peneliti selanjutnya diharapkan bisa menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk penelitian baru khususnya dalam mengkaji keterampilan 4C serta model pembelajaran di kelas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI