DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FORMULASI DAN EVALUASI MASKER GEL PEEL-OFF EKSTRAK DAUN SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI HPMC
PENGARANG:Muhammad Rizki
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


FORMULASI DAN EVALUASI MASKER GEL PEEL-OFF EKSTRAK DAUN SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI HPMC (Oleh Muhammad Rizki; Pembimbing: Nani Kartinah & Arnida; 2023; 34 halaman)

Daun singkong (Manihot esculenta Crantz.) mengandung flavonoid dan vitamin yang memiliki khasiat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Ekstrak daun singkong diformulasikan menjadi sediaan masker gel peel-off dengan menggunakan HPMC sebagai gelling agent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi HPMC terhadap karakteristik fisik dari masker gel peel-off ekstrak daun singkong. Variasi konsentrasi HPMC yang digunakan yaitu formula 1 (2%), formula 2 (3%), formula 3(4%).Hasil penelitian menunjukkan sediaan masker berwarna hijau kehitaman, berbau khas daun singkong, dan memiliki konsistensi yang semakin meningkat, nilai pH antara 5,69- 5,67, daya sebar antara 6,7-7,7 cm, daya lekat antara 7,23-13,44 detik, viskositas antara 5900-9600 cPs, dan waktu kering antara 20,06-27,95 menit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variasi konsentrasi HPMC berpengaruh terhadap uji organoleptis (konsistensi), pH, daya sebar, daya lekat, viskositas, dan waktu kering sediaan.

Kata kunci: Ekstrak daun singkong, masker gel peel-off, HPMC, evaluasi fisik

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI