DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ALAT UKUR KECEPATAN DAN ARAH ANGIN MENGGUNAKAN SENSOR OPTOCOUPLER DAM SENSOR HALL EFFECT A3144 BERBASIS ARDUINO UNO
PENGARANG:HELDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

ALAT UKUR KECEPATAN DAN ARAH ANGIN MENGGUNAKAN SENSOR OPTOCOUPLER DAN SENSOR HALL EFFECT A3144 BERBASIS ARDUINO UNO (Oleh Heldayani; Pembimbing: Amar Vijai Nasrulloh S.Si.,M.T., Ph. D; Dr. Nurma Sari S.Si., M.Si; 2023, 37 Halaman)

Dalam penelitian ini telah dibuat alat ukur kecepatan dan arah angin menggunakan sensor Optocoupler dan sensor Hall Effect A3144 telah dibuat. Pada alat ukur kecepatan dan arah angin yang dibuat terdiri dari modul sensor Optocoupler sebagai sensor kecepatan angin, modul sensor Hall Effect A3144 sebagai sensor arah angin, Anemometer sebagai baling-baling pembaca kecepatan angin, Wind Vane sebagai penunjuk arah angin, Power Supply berfungsi untuk memberikan arus listrik, modul RTC DS3231 sebagai penyimpan data waktu dan tanggal dengan akurasi tinggi, modul Micro SD Card sebagai penyimpanan data, LCD 20x4 sebagai tampilan sistem perangkat, modul I2C sebagai penyederhanaan sambungan LCD dengan Arduino Uno. Arduino IDE sebagai komunikasi sistem kendali. Modul sensor Optocoupler yang terhubung dengan Anemometer telah diuji untuk mengukur kecepatan angin didapatkan standar deviasi sebesar 1,13-6,61 dan standar error sebesar 0,32-1,90%. Modul sensor Hall Effect A3144 terhubung dengan Wind Vane telah diuji untuk menentukan arah angin didapatkan persen error sebesar 0-1,6%. Pengambilan data alat ukur kecepatan dan arah angin silakukan di Lapangan Softball. Lama waktu pengambiilan data di lapangan sekitar 3 hari.

Kata Kunci : Sensor Optocoupler, Sensor Hall Effect A3144, Anemometer, dan Wind Vane.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI