DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Karangan Peserta Didik Kelas IX-D SMP Negeri 31 Banjarmasin
PENGARANG:Akhmad Habibi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

 

Habibi,Akhmad.2022.PenggunaanEjaanBahasaIndonesiapadaKarangan PesertaDidikKelasIX-DSMPNegeri31Banjarmasin. Skripsi.ProgramStudi  PendidikanBahasadanSastraIndonesia.Jurusan PendidikanBahasadanSeni.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing(I) Dr.NoorCahaya, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

KataKunci:penggunaanejaan, menulis, karangan pengalaman pribadi

 

Penggunaan ejaan yang baik dan benar harus dilakukan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) karena merupakan kaidah yang sangat penting dalam hal tulis menulis. Oleh karena itu, dalam sebuah tulisan karangan harus memperhatikan tata cara penulisan yang benar. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketepatan dan kesalahanejaanpemakaian huruf kapital,penulisankata,danpemakaiantandabaca.Ketepatan dan kesalahanejaandianalisis  menggunakan PUEBI edisi keempat tahun 2016. 

Jenis penelitian ini ialahpenelitian deskriptif, berupa pendeskripsian ketepatan dan kesalahan penggunaan ejaan. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah karanganpesertadidik.Datapenelitianiniberupahuruf,kata,dan tanda baca.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada ketepatan dan kesalahan penggunaan ejaan yang digunakan peserta didik dalam karangan, yakni pemakaian huruf kapital, penulisan kata dasar, penulisan kata berimbuhan, penulisan kata depan, penggunaan tanda baca titik, penggunaan tanda baca koma, dan penggunaan tanda baca petik.  Penerapan aspek PUEBI yang ditemukan dalam karangan peserta didik terdiri dari pemakaian huruf kapital dengan (7) aspek berdasarkan (13) aspek huruf kapital, penulisan kata depan di, ke, dan dari, penulisan kata berimbuhan yang menggunakan imbuhan awalan, sisipan, akhiran serta awalan dan akhir, penggunaan tanda baca titik dengan (2) aspek berdasarkan (5) aspek tanda baca titik, penggunaan tanda baca koma dengan (8) aspek berdasarkan (13) aspek tanda baca koma, dan penggunaan tanda baca petik dengan (1) aspek berdasarkan (3) aspek tanda baca petik. Ketepatan penggunaan ejaan yang paling banyak digunakan peserta didik dalam karangannya ialah penggunaan tanda baca titik dan penulisan kata berimbuhan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI