DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengalaman Dan Motif Self Disclosure Dengan Menggunakan Anonimitas Pada Akun Autobase Twitter @banjarbase
PENGARANG:ALFINA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


Alfina Damayanti, 1910414320008, 2023, Pengalaman Dan Motif Self Disclosure Dengan Menggunakan Anonimitas Pada Akun Autobase Twitter @banjarbase. Dibimbing oleh Noviana Sari.

Ada banyak fenomena yang kini terjadi di berbagai macam platform digital, salah satunya adalah fenomena self disclosure secara anonim di media sosial Twitter. Semakin merajalelanya fenomena akun-akun anonim di Twitter, memunculkan ruang media khusus dan pengalaman komunikasi baru bagi penggunanya, salah satunya melalui akun yang berbentuk autobase. Dengan akun berbasis autobase ini, pengguna Twitter dapat mengirimkancuitanapapun yang diposting ke halaman akun autobase secara real time tanpa pembacanya mengetahui identitas asli pengirimnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengalaman dan motif self disclosure secara anonim di akun autobase Twitter @banjarbase.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi fenomenologi. Teori Fenomenologi digunakan untuk mencari tahu apamotif pengikut akun @banjarbase dalam melakukan self disclosure dengan menggunakan anonimitas. Sedangkan teori CMC digunakan untuk mengetahui interaksi yang terjadi di akun @banjarbase apakah sudah memenuhi kebutuhan informasi dan fungsi komunikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam,  observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pengalaman dan motif melakukan self disclosure secara anonim di akun autobase Twitter dianggap sesuai dengan dua fungsi komunikasi yaitu informasi dan diskusi. Informasi yang dimaksud adalah memberikan informasi kepada orang lain tentang pengalaman, peristiwa, ide, gagasan dan segala hal yang disampaikan kepada orang lain. Sedangkan diskusi yang dimaksud adalah memberikan kesempatan bagi seseorang untuk berbagi pengalaman, menghargai perbedaan pendapat dan menemukan kesatuan solusi.

 

Kata Kunci : Twitter, Self Disclosure, Anonimitas, Fenomenologi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI