DIGITAL LIBRARY



JUDUL: DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI TERHADAP SOSIAL MASYARAKAT DESA SARI GADUNG KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:BRIYAN AJISOKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

Briyan Ajisoko. 2023. Dampak Pembangunan  Kawasan Industri Terhadap Sosial Masyarakat Desa Sari Gadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis, Program Studi Magister Studi Pembangunan (MSP) Universitas Lambung Mangkurat. Andi Tenri Sompa sebagai Pembimbing I dan Muhammad Riduansyah Syafari sebagai Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pembangunan kawasan industri terhadap kehidupan sosial masyarakat yang dilihat dari aspek akses informasi, Kelancaran Rutinitas Fungsi, dan dampak manfaat di Desa Sari Gadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif ini akan mendorong peneliti terjun ke lapangan dan mengamati secara langsung aktivitas-aktivitas yang dilakukan di lokasi penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan dalam aspek akses informasi dan kepatuhan, arus informasi mengenai rencana pemerintah dalam pengembangan KIB sudah dilaksanakan dengan maksimal, baik kepada pihak internal maupun eksternal. Dalam aspek lancarnya rutinitas fungsi terdapat permasalahan alih fungsi lahan dan biaya ganti rugi lahan. Dalam aspek dampak dan manfaat terdapat dampak negatif yakni memberi implikasi pada pola perubahan pekerjaan masyarakat sekitar, alih fungsi lahan dan problematika lingkungan. Dampak positif yakni  menstimulasi kegiatan perekonomian, terbukanya peluang usaha-usaha baru, terbukanya kesempatan kerja, pengembangan pendidikan dan softskill masyarakat serta meningkatnya migrasi penduduk di tanah bumbu. Selain itu, dengan adanya kawasan industri, perusahaan perusahaan menjadi lebih tertata dan terfokus. Selain itu, dari sisi pengawasan dan pengendalian lingkungan juga lebih mudah karena perusahaan atau industri memiliki manajemen atau pengelola yang dapat dilibatkan dalam membantu kegiatan pengendalian lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya OPD terkait, disarankan untuk membentuk tim terpadu provinsi dan kabupaten yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan guna pemberian santunan masyarakat berdasarkan lama tinggal serta pendekatan sosial-budaya, iptek dan agama melalui musyawarah bersama tokoh masyarakat adat, perusahaan dan masyarakat guna menyelesaikan permasalahan alih fungsi lahan. Pengelola Kawasan Industri Batulicin, juga harus mampu mengkordinir CSR dari perusahaan-perusahaan agar tanggung jawab sosial tersebut sesuai dengan sasaran, peduli permasalahan lingkungan dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Kata Kunci: Dampak, Pembangunan, Kawasan Industri, Sosial Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI