DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI LOKASI DAN PENYEBAB CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET KONTINGEN KOTA BANJARMASIN CABANG OLAHRAGA PERMAINAN
PENGARANG:SAHBANA RIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


Sahbana Ridha. NIM. 1910122310019. 2023. Survei Lokasi Dan Penyebab Cedera Olahraga Pada Atlet Kontingen Kota Banjarmasin Cabang Olahraga Permainan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Aryadi Rachman, S.Pd., M.Pd., AIFMO. Pembimbing Pendamping: Drs. Athar, M.Kes. AIFO.

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui lokasi ekstremitas cedera olahraga pada Atlet Kontingen Kota Banjarmasin Cabang Olahraga Permainan dan untuk mengetahui penyebab cedera olahraga pada Atlet Kontingen Kota Banjarmasin cabang olahraga permainan.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, metode survei digunakan untuk mengetahui lokasi dan penyebab cedera olahraga pada Atlet Kontingen Kota Banjarmasin cabang olahraga permainan.

Populasi pada penelitian ini adalah Atlet Kontingen Kota Banjarmasin yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi XI Kalimantan Selatancabang olahraga permainan sebanyak 259 Atlet dari 14 cabang olahraga. Berdasarkan pertimbangan (Sampling Purposive) jadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 253 Atlet.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui lokasi cedera cabang olahraga permainan pada saat latihan yang paling sering terjadi yaitu ekstremitas bawah pergelangan kaki sebanyak 24,50% dan pada saat pertandingan yaitu ekstremitas bawah pergelangan kaki sebanyak 25,00%. Penyebab cedera cabang olahraga permainan pada saat latihan yang paling banyak yaitu faktor intrinsikteknik gerakan yang salah 19,17% dan pada saat pertandingan yaitu faktor ekstrinsik terjadi benturan 29,79%.

Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan lokasi cedera olahraga paling banyak yaitu ekstremitas bawah dan penyebab cedera paling banyak disebabkan oleh faktor ekstrinsik.

Kata Kunci: Survei, Lokasi, Penyebab, Cedera Olahraga, Atlet

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI