DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO SEPATU DALAM MEMPROMOSIKAN MEREK LOKAL (Studi Pada Toko Rupaka Store dan Sepatwo Lawas di Banjarmasin)
PENGARANG:ATIKAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-28


ABSTRAK

 

Atikah. 1610414120006. 2023. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO SEPATU DALAM MEMPROMOSIKAN MEREK LOKAL (Studi Pada Rupaka Store dan Sepatwo Lawas di Banjarmasin), dibawah bimbingan Lalita Hanief dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

 

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rupaka Store dan Sepatwo Lawas dalam mempromosikan sepatu merek lokal di Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempromosikan merek lokal terutama produk sepatu, Rupaka Store dan Sepatwo Lawas menggunakan identifikasi pasar sasaran melalui segmenting, targeting, dan positioning. Setelah tahapan tersebut, Rupaka Store dan Sepatwo Lawas menggunakan strategi komunikasi pemasaran dengan penerapan bauran promosi (promotional mix). Bauran promosi Rupaka Store melalui promosi penjualan berupa pemberian diskon, giveaway, dan reward kepada pelanggan. Interactive marketing melalui direct messages atau kolom komentar Instagram, fitur chat pada Shopee, dan TikTok live video. Bauran promosi Sepatwo Lawas melalui promosi penjualan dalam bentuk pemberian potongan harga atau diskon dan giveaway. Interactive marketing melalui pesan Whatsapp, direct messages Instagram, transaksi melalui Shopee, serta melalui kolom komentar Instagram. Empat bauran promosi lain yang digunakan oleh Rupaka Store dan Sepatwo Lawas, yakni iklan (advertising), public relations, personal selling, dan pemasaran langsung.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Sepatu, Merek Lokal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI