DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KONTEKS LAHAN BASAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP/MTS
PENGARANG:MAHDIANA QUMAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Kurang bermaknanya pembelajaran matematika di kelas menyebabkan siswa sulit memahami konsep yang telah diajarkan oleh guru, terlebih dalam pembelajaran aritmatika sosial. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran di kelas perlu dibuat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, tingkat keefektifannya serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan matematika realistik konteks lahan basah dengan pendekatan  konvensional pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Gambut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan rancanganthe posttest-only control group design. Siswa kelas VIISMP Negeri 1 Gambut sebagai populasi penelitian dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk mengukur keefektifan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil yang diperoleh adalahtes hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Gambut dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik konteks lahan basah dan pendekatan konvensional berturut-turut memiliki rata-rata sebesar 87,18 dan 79,97, dan berada pada kategori sangat efektif berturut-turut sebesar  93,94 %  dan  61,76%.  Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik konteks lahan basah dengan yang menggunakan pendekatan konvensional.

 

Kata kunci : efektiftivitas, pendekatan matematika realistik, konteks lahan basah,  aritmatika sosial

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI