DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Kimia Susu Kambing Sapera Segar pada Waktu Pemerahan yang Berbeda
PENGARANG:AGUNG DWI PRASETIYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan waktu pemerahan susu kambing terhadap kualitas kimia susu kambing sapera segar. Pengujian kualitas kimia susu dilaksanakan di Laboratorium Produksi Ternak Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat,  sedangkan pengambilan sampel susu dilaksanakan di Peternakan CV. Serangkai Anugerah Bahtera, Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan dimana setiap ulangan terdiri dari 1 ekor kambing sapera . Sebagai perlakuan penelitian adalah perbedaan waktu pemerahan susu kambing sapera.   Perlakuan penelitian adalah sebagai berikut : P1  : Waktu pemerahan susu pagi hari jam 08.00; P2   : Waktu pemerahan susu siang hari jam 12.00; P3  :  Waktu pemerahan susu sore hari jam 16.00.

Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah kualitas kimia susu meliputi kadar protein, lemak, bahan kering tanpa lemak (BKTL) dan laktosa. Berdasarkan Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perbedaan waktu pemerihan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar protein susu kambing Sapera yang dihasilkan (p>0,05), hasil pengamatan kadar protein pada pemerahan pagi hari terdapat kecenderungan lebih tinggi dibandingkan pemerahan siang (P2) dan pemerahan sore (P3) mencapai 3,92%, dimanapadapemerahansianghanya mencapai 3,73%danpadapemerahan sore yaitu 3,73%. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perbedaan waktu pemerihan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar lemak susu kambing Sapera yang dihasilkan (p>0,05), hasilpengamatankadarlemaksusupadapemerahan pagi hari cenderung lebih tinggi yaitu 6,09% sedangkan pada pemerahan sianghari rendah yaitu 5,71% dan pada pemerahan sore hari lebih rendah yaitu 5,55%.  Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perbedaan waktu pemerihan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar bahan kering tanpa lemak (BKTL) susu kambing Sapera yang dihasilkan (p>0,05), hasil pengamatan kadar bahankering tanpa lemak pada pemerahan pagi hari (P1) cenderung lebih tinggi yaitu 8,26% sedangkanpadapemerahansorehari (P3) rendahyaitu7,89%danpadapemerahansianghari (P2)  lebihrendahyaitu7,88%.  Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perbedaan waktu pemerahan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar laktosa susu kambing Sapera yang dihasilkan (p>0,05), hasil pengamatan kadar laktosa pada pemerahanpagilebihtinggiyaitu3,67%sedangkanpadapemerahansiangrendahyaitu3,53% dan pemerahan sore lebih rendah yaitu 3,52%.

Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaperbedaan waktu pemerahan tidak menunjukkan perbedaan pada parameter kualitas susukambingsaperabaik kadar protein, lemak, BKTL maupun kadar laktosa. Ketigawaktu perlakuan yaitu pemerahan pagi, pemerahan siang dan pemerahan soremenghasilkan kualitaas kimia yang memenuhi standar susu yang sesuai dengan SNI 3141.1 Tahun 2011.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI