DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN TAPPING BOX SEBAGAI MONITORING PAJAK DAERAH
PENGARANG:LATIFAH RAFIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Latifah Rafika (2023). Analisis Efektivitas Penerapan Tapping Box Sebagai Monitoring Pajak Daerah (Studi  Pajak Restoran, Hotel, Hiburan, Dan Parkir Kota Banjarbaru). Pembimbing : Sustinah Limarjani
Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan tapping box sebagai monitoring pajak daerah (Studi  Pajak Restoran, Hotel, Hiburan, Dan Parkir Kota Banjarbaru); (2) mengetahui dan menganalisis manfaat dari penerapan kebijakan tapping box; (3) mengetahui dan menganalisis kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan tapping box pajak daerah Kota Banjarbaru, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.
Objek pada penelitian ini 4 jenis pajak daerah yaitu pajak restoran, hotel, hiburan, dan parkir Kota Banjarbaru yang sudah menggunakan alat tapping box, sehingga jumlah wajib pajak yang menggunakan tapping box pada Kota Banjarbaru sebanyak 79 Wajib Pajak. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif  dengan menerapkan sumber data primer, yang terdiri dari observasi peneliti beserta wawancara, dan sumber data sekunder yang didapatkan melalui buku, jurnal, perundang-undangan, hingga data lain yang dapat menunjang penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan 5 hal yang perlu dipenuhi agar suatu kebijakan dapat dikatakan efektif yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksananya, tepat target, tepat lingkungan, tepat proses.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Tapping Box sebagai monitoring pajak daerah sudah dapat dikatakan efektif, karena penerapan sistem tapping box ini sudah memenuhi 5 hal yang perlu dipenuhi agar suatu kebijakan dapat dikatakan efektif yaitu sudah tepat kebijakan, tepat pelaksananya, tepat target, tepat lingkungan, tepat proses.
Kata Kunci : Tapping box, Pajak Restoran, Pajak Hotel, Pajak Hiburan, dan Pajak Parkir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI