DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implmentasi Metode Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang sebagai Pendukung Keputusan Perawatan Cartridge Filter pada Sistem Filtrasi Air Gambut
PENGARANG:MUHAMMAD FAJAR ALWAHDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Air gambut merupakan salah satu air baku yang perlu di proses terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memenuhi ketersediaan air bersih. Salah satu proses yang dapat dilakukan untuk mengolah air baku menjadi air bersih adalah menggunakan metode filrasi, dengan cara menyaring air baku melewati media filtrasi. Seiring lama waktu penggunaannya media filtrasi akan mengalami penurunan kualitas, sehingga perlu dilakukan perawatan. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem pendukung keputusan perawatan cartridge filter pada sistem filtrasi air gambut, dengan menggunakan algoritma Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang yang di implementasikan pada microcontroller. Dengan menggunakan tiga variabel input yaitu kekeruhan, TDS dan tekanan filtrasi yang dibaca dengan menggunakan sensor kekeruhan DFRobot Gravity SEN0189, sensor TDS DFRobot Gravity SEN0244 dan sensor tekanan yang memiliki himpunan fuzzynya masing-masing. Himpunan variabel input kekeruhan terdiri dari jernih, cukup dan keruh. Kemudian untuk variabel input TDS memiliki himpunan baik, cukup dan tidak baik. Lalu himpunan variabel input tekanan adalah rendah dan tinggi. Dari keadaan tersebut ditetapkan 18 rule untuk menentukan output keadaan filter yang terdiri dari bersih, cukup kotor dan kotor untuk mengendalikan aktuator berupa pompa dc. Pada pengujian sensor yang telah dilakukan sensor kekeruhan dan TDS mendapatkan akurasi masing-masing 88,15% dan 97,31%. Pengujian sensor tekanan dilakukan pada kondisi filter netral hingga buntu (0 psi hingga 80 psi). Pada pengujian sistem yang telah dimplementasikan metode fuzzy, selama proses pengujian didapatkan 83 perubahan nilai output yang kemudian dibandingkan dengan perhitungan Matlab menggunakan metode MAPE, dan mendapatkan akurasi sebesar 96,47%. Aktuator berupa pompa dc dapat bekerja secara otomatis dalam menentukan keadaan filter dengan akurasi 100%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Algoritma Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang dapat diimplementasikan sebagai sistem pendukung keputusan perawatan cartridge filter pada sistem filtrasi air gambut dengan akurat.

 

Kata Kunci: Air Gambut, Filtrasi, Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang, Microcontroller, Sensor Kekeruhan,Sensor TDS, Sensor Tekanan,  Sistem Pendukung Keputusan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI