DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Eksistensi Perempuan dalam Novel Sunyi di Dada Sumirah Karya Artie Ahmad Berdasarkan Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir
PENGARANG:JURAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-04


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dalam novel Sunyi di Dada Sumirah karya Artie Ahmad. Eksistensi perempuan tersebut dianalisis menggunakan pendekatan Simone de Beauvoir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sunyi di Dada Sumirah karya Artie Ahmad. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, menandai teks, memilah, dan mengelompokkan, serta mencatat sesuai data yang ditemukan. Analisis data menggunakan metode analisis isi (Content analysis) dengan merumuskan masalah penelitian, melakukan studi pustaka, menentukan unit observasi dan unit analisis, menentukan sampel dan variabel, membuat kategorisasi dan pedoman pengkodingan, Mengumpulkan data, Melakukan koding data, mengolah data, menyajikan data dan memberikan interpretasi, untuk menyusun laporan hasil penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel tersebut memperlihatkan bahwa bentuk feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dapat membawa perempuan pada kesadaran akan hak mereka dalam konteks kemanusiaan yang lebih luas. Bentuk perlawanan sebagai wujud eksistensi tiga tokoh utama: Sunyi, Sumirah, dan Suntini, menunjukkan perempuan yang tangguh dan memiliki semangat untuk memperjuangkan eksistensinya meskipun dihadapkan pada berbagai bentuk ketidakadilan. Bentuk perlawanan sebagai wujud eksistensi tersebut terlihat dengan perlawanan terhadap diskriminasi gender, patriarki, dan berusaha menjadikan diri sebagai kaum intelektual. Novel tersebut menggambarkan bahwa kesetaraan gender dan keadilan sosial penting sekali dalam masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI