DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Tanah Existing terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas (UCS) pada Perkerasan Lentur Tipe Cement Treated Recycling Base (CTRB)
PENGARANG:SURATNO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-05


Salah satu alternatif untuk memperbaiki kerusakan perkerasan jalan lama adalah dengan teknologi recycling atau daur ulang (CTRB) dimana saat prosesnya ditempat (Mixed in place) mengalami kendala di antaranya tercampur dengan material tanah existing yang seharusnya dalam pelaksanaannya tidak boleh tercampur, karena hal ini akan berpengaruh terhadap hasil Kuat Tekan Bebas (UCS). Sebagai bahan pengikat berupa semen lokal dari Kalimantan Selatan merek Conch karena produksi biaya lebih murah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan Hasil Kuat Tekan Bebas pada kadar semen minimal yang masih memenuhi persyaratan dengan penggunaan semen lokal merek Conch , mendapatkan pengaruh tipikal tanah existing terhadap Kuat Tekan Bebas dan berapakah persentase material tanah existing yang masih dapat ditoleransi baik dilakukan curing atau non curing serta korelasinya dan mendapatkan rekomendasi persentase maksimal pengaruh persen tanah existing terhadap Kuat Tekan Bebas dalam kondisi curing ataupun non curing.

Penelitian dilakukan dilaboratorium dengan mengambil sampel berupa RAM , tanah existing dan material tambahan dilapangan. Pemeriksaan agregat lama, membuat benda uji dengan variasi kadar semen 1-10 %, setelah didapatkan kuat tekan bebas minimal sesuai persyaratan teknis kemudian membuat benda uji dengan variasi kadar tanah 0%,5%,10%,15%,20% dan 25% dan dilakukan pengujuan kuat tekan bebas kembali selanjutnya melakukan analisis data untuk mencari korelasi/hubungannya.

Dari hasil penelitian variasi kadar semen 1% (satu) - 10% yang masih memenuhi spesifikasi teknis kuat tekan (minimal 30 kg/cm² ) didapatkan kadar semen minimal 5% (lima persen) dengan kuat tekan 33.77 kg/cm². Kemudian hasil pengujian pengaruh tanah existing terhadap kuat tekan yang masih ditoleransi tercampur yaitu pada kondisi curing adalah 17 % dengan persamaan Y = - 0.10075 x + 46,894 (R2=0,964). dan non curing 8.9 % dengan persamaan Y = - 0.1113 x + 39,814 (R2=0,956). Hasil R2 keduanya menunjukan kedua variable tersebut memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat.

Kata kunci: CTRB, Kuat Tekan Bebas, Semen lokal, Analisis Regresi dan Korelasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI