DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TOKO OLEH-OLEH KHAS KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)
PENGARANG:FATYA YUNI ASTUTIK
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2019-01-11


RINGKASAN
FATYA YUNI ASTUTIK. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Toko
Oleh-Oleh Khas Kalimantan Selatan Menggunakan Analytic Hierarchy Process
(AHP) dibimbing oleh Arief Rahmad Maulana Akbar dan Hisyam Musthafa Al
Hakim. Keberadaan toko oleh-oleh di daerah Kalimantan Selatan cukup mudah
untuk dijumpai khususnya di wilayah Martapura, Banjarbaru dan Banjarmasin.
Toko oleh-oleh sama halnya dengan toko ritel akan tetapi pada toko oleh-oleh
menjual berbagai macam variasi produk baik pangan maupun nonpangan yang
menjadi ciri khas suatu daerah.
Berbagai cara dilakukan para pemilik toko untuk dapat menarik minat
konsumen baik dari segi harga, pelayanan yang baik, tersedianya barang yang
dibutuhkan oleh konsumen serta lokasi yang mudah dijangkau dan pastinya setiap
konsumen juga mempunyai cara berbeda dalam berbelanja ataupun memilih
tempat berbelanja apalagi dalam memilih sebuah produk, tentu saja mereka lebih
mengutamakan kejelasan komposisi produk khususnya produk pangan yang akan
mereka beli seperti memiliki izin P-IRT, mempunyai informasil label pada sebuah
produk, adanya informasi kehalalan produk serta kemasan yang menarik. Maka
dari itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria produk UMKM
yang dapat diterima pemilik toko oleh-oleh dan untuk mengetahui preferensi
konsumen pada setiap toko oleh-oleh terpilih yang berada di wilayah Martapura,
Banjarbaru dan Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar
kuisioner sebanyak 100 responden dengan pembagian tiga wilayah tersebut
menggunakan metode purposive sampling.
iv
Hasil dari penelitian ini dapat memberikan masukan kepada produsen
(UMKM) untuk lebih memperhatikan produk yang mereka buat supaya dengan
mudah menyalurkan produk ke toko oleh-oleh terdekat dan untuk pemilik toko
oleh-oleh agar dapat lebih memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI