DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RABIATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-07


ABSTRAK

 

Rabiatul Adawiyah. 2020. Efektivitas Teknik Self-Talk untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Pembimbing : (I) Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi, M.Pd (II) M. Andri Setiawan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Self-Talk, Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri

 

Efikasi diri merupakan kasus yang banyak terjadi dikalangan remaja,  adanya rasa tidak yakin dan percaya atas kemampuan diri sendiri berpengaruh dengan tingkat kinerja remaja dalam belajar maupun bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi efikasi diri pada siswa kwlas VIII di SMPN 3 Banjarmasin.

Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang diterapkan melalui desain ­pre-experimental dalam wujud Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Banjarmasin, dengan sampel berjumlah delapan orang yang didapatkan melalui angket serta kriteria inklusif menggunakan teknik sampel non-probabilitas. Instrument dari penelitian ini berupa pedoman eksperimen yang berisi tahapan bimbingan kelompok  yaitu pra bimbingan, pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk dan pasca bimbingan.

Berlandaskan hasilt-test, memaparkan bahwasanya thit > ttab (5,841 > 2,144) dengan kemungkinan kekeliruan 0.05 atau 5%) dengan kesimpulan bahwasanya self talk di layanan bimbingan kelompok efektif guna meningkatkan efikasi diripada siswa kelas VIII di SMPN 3 Banjarmasin. Untuk peneliti selanjutnya dapat memperhatikan bagaimana membangun hubungan baik dengan konseli agar tercipta suasana kelompok yang hangat dan kondusif, jeda waktu antar satu pertemuan dengan pertemuan selanjutnya, juga mempersiapkan media apa saja yang dapat diberikan untuk memicu pemikiran-pemikiran positif dari klien.

 

                                          

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI