DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI PATRIOTISME DALAM TOKOH DESMOND DOSS (Analisis Semiotika John Fiske pada Film Hacksaw Ridge)
PENGARANG:BRANDON CHRISTOPHER WILBERT WIDAGDO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-08


Brandon Christopher Wilbert Widagdo, 1910414310032, 2023, Representasi Patriotisme Dalam Film (Analisis Semiotika John Fiske pada Film Hacksaw Ridge). Dibawah bimbingan Lalita Hanief.

Film Hacksaw Ridge 2016 merupakan film Amerika Serikat yang mengangkat cerita biografi dari seorang pria bernama Desmond Doss. Film Hacksaw merupakan film adaptasi dari film dokumenter 2004 The Conscientious Objector yang disutradarai oleh Terry Benedict. Tokoh utama film ini diperankan oleh Andrew Garfield sebagai Desmond Doss. Film Hacksaw Ridge 2016 memiliki 13potongan scene yang mengandung nilai representasi patriotisme. Representasi patriotisme dapat terlihat pada adegan, dialog, dan perilaku yang ditunjukkan melalui tokoh utama film ini, yaitu Desmond Doss.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana representasi patriotisme pada tokoh Desmond yang terdapat dalam film Hacksaw Ridge. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi patriotisme yang terdapat pada film Hacksaw Ridge perilaku dan dialog dari tokoh Desmond Doss, hal ini terlihat dari kegigihan dan rasa pantang menyerah dalam menyelamatkan orang-orang yang terluka sampai akhir, rasa kesadaran terhadap situasi negaranya dan ingin mengabdi kepada negaranya, memberikan bantuan secara fisik dan non-fisik dengan cara berdoa.

 

Kata kunci: Film, Patriotisme, Semiotika 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI