DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA BANJARMASIN DALAM PROGRAM REVITALISASI PASAR BATUAH
PENGARANG:NANDA PUTRI ARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


Nanda Putri Arini, 1910413120013, 2023, Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dalam Program Revitalisasi Pasar Batuah, dibimbing oleh Budi Suryadi.

Program Revitalisasi merupakan cara yang dilakukan agar Pasar Tradisional tidak tersingkirkan dengan adanya pasar modern. Dinas perdagangan melakukan beberapa strategi untuk mengubah pasar yang kumuh tidak tertata menjadi lebih baik lagi, agar para penjual dan pembeli lebih nyaman dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam program Revitalisasi Pasar Tradisional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan menggambarkan sebuah kejadian/peristiwa yang didapat dilapangan. Sumber data berupa data primer melalui wawancara dan observasi dan sekunder dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dokumen, peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Data yang dikumpulkan kemudian di analisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dalam Program Revitalisasi Pasar Batuah dilihat dalam 3 aspek teori Fred R. David yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Program revitalisasi pada dinas perdagangan dan perindustrian sudah optimal dalam Perumusan, namun dalam implementasi dan evaluasi tidak optimal. Walaupun demikian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian sudah menjalankan Program Revitalisasi dengan baik walau terdapat berbagai macam kendala seperti: mendapatkan penolakan oleh warga yang bermukim.

Adapun saran dalam penelitian ini agar pemerintah lebih memperhatikan dalam hal pengamanan aset berupa lahan dan melakukan pendekatan yang persuasif dengan warga yang bermukim agar dapat bekoordinasi melanjutkan program ini agar dapat terlaksana dengan baik

Kata kunci : Strategi, Revitalisasi, Pasar tradisional

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI