DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERIZINAN KESEHATAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:SITI SAADATIN NIHLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


Siti Sa’adatin Nihlah, 1910414120015, 2023, Pengaruh Komunikasi Interpersonal Petugas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perizinan Kesehatan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Dibimbing Bachruddin Ali Akhmad.

            Rendahnya 2 unsur pelayanan pada Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan DPMPTSP Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada semester 2 tahun 2022, yaitu unsur Kompetensi Petugas dan unsur Perilaku Petugas Pelayanan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan sehingga masyarakat bisa merasakan pelayanan yang prima dalam mengurus perizinan.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah komunikasi interpersonal petugas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengunjung perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Jumlah sampel sebanyak 206 pengunjung perizinan kesehatan dengan menggunakan teknik accidental sampling, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan derajat kepercayaan 95%.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal (X) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) dilihat dari hasil thitung sebesar 6,042 >  ttabel sebesar 1,971.  Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dapat diketahui variabel independent komunikasi interpersonal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen kepuasan pengunjung dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai persamaan regresi Y= 12,148 + 0,220X dan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,390 dari hasil tersebut juga diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,152 atau 15,2% yang berarti pengaruh variabel independent komunikasi interpersonal terhadap variabel dependen kepuasan pengunjung adalah 15,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pengunjung, Perizinan Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI