DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Iklan Kispray di Televisi dalam Membentuk Pilihan Konsumen (Analisis Semiotika pada Iklan Kispray Versi “Pilihan Istri Cerdas” tahun 2009)
PENGARANG:ANNA SETYAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-11


ABSTRAK

Anna Setyawati, 1610414120003, 2023, Iklan Kispray di Televisi dalam Membentuk Pilihan Konsumen (Analisis Semiotika pada Iklan Kispray Versi “Pilihan Istri Cerdas” tahun 2009) dibimbing oleh Fahrianoor dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Iklan televisi mempunya dampak yang besar kepada khalayak dalam bentuk audio visual. Kreativitas pengiklan bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan menggabungkan gerakan, keindahan, drama, warna, suara, musik, sensasi ketegangan, dan komedi. Iklan adalah suatu bentuk komunikasi non personal dan komersial. Iklan digunakan untuk menjangkau berbagai afiliasi, menciptakan nama merek. Iklan adalah sebuah representasi visual untuk menciptakan komunikasi menjadi gaya hidup selanjutnya diatur menjadi sebuah gambar, tema, serta makna simbolis.

Pada kali ini, metode pendekatan penelitian yang peniliti gunakan adalah adalah pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi Literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan menganalisa mengenai makna pesan dalam iklan Kispray versi “Pilihan Istri Cerdas” Tahun 2009 di televisi dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yaitu dengan membagi semiotika jadi tiga bagian diantaranya yaitu: denotasi, konotasi dan mitos.

Pada hasil penelitian, dari analisis yang telah didapatkan mengenai makna menunjukkan bahwa iklan mengusung tema yang sederhana yaitu dengan konsep rumah tangga dengan kebiasaannya mencuci baju menggunakan tangan dan memberikan pewangi dengan cara direndam yang berlatarkan jemuran pakaian, dari visual iklan menunjukkan bahwa target pasar produk yaitu ibu rumah tangga, terlihat teknik memberikan pewangi dengan cara tersebut membuat kelelahan dan boros, dengan munculnya produk Kispray dapat memberikan solusi praktis, hemat, dan  tahan lama untuk pewangi pakaian. Hal itu mengubah teknik memberikan pewangi pakaian yang dianggap kuno menjadi mudah & praktis.

 

Kata kunci: Iklan, Semiotika, Roland Barthes

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI