DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU (STUDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA WIDYA DHARMA BANJARMASIN)
PENGARANG:NISA NADIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-11


Nisa Nadiya (1910411220042), 2023: “Peran Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Sekolah Menengah Pertama Widya Dharma Banjarmasin)”. Di bawah bimbingan Sugeng Karyadi.

Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas guru melakukan upaya dalam mengadakan pelatihan, pendampingan, pengawasan, dan penilaian kinerja guru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas guru (Studi Sekolah Menengah Pertama Widya Dharma Banjarmasin). Juga faktor apa saja yang menghambat dan mendukung Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru (Studi Sekolah Menengah Pertama Widya Dharma Banjarmasin). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sejauh ini sangat berperan baik pada peningkatan kualitas guru melalui pelatihan, pendampingan, pengawasan, dan penilaian kinerja dari berbagai program-program yang disediakan untuk meningkatkan kualitas guru yang ada. Dengan adanya PPK, Diklat, PKB, KKG, MGMP, SKP, dan PKG untuk meningkatkan kualitas guru yang ada di Kota Banjarmasin baik guru SMP termasuk guru di SMP Widya Dharma Banjarmasin. Faktor yang menghambat Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas guru baik itu guru SMP termasuk guru di SMP Widya Dharma Banjarmasin ialah masalah dengan keterbatasan anggaran yang ada dan rendahnya kemampuan dan kemauan guru dalam memahami pengembangan teknologi yang ada. Sedangkan untuk faktor yang mendukung Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas guru, baik itu guru SMP termasuk guru di SMP Widya Dharma Banjarmasin ialah dukungan dari yayasan dan kepala sekolah, motivasi gurunya sendiri yang ingin meningkatkan kualitas dirinya dan sarana dan prasarana yang memadai dan mendukung guru dalam mengajar maupun mengikuti kegiatan peningkatan kualitas guru yang ada.

Kata Kunci: Peran Dinas Pendidikan, Kualitas Guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI