DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Penerapan Praktik Baik SP4N Lapor! Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:CHAIRUN NIMAH, SS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-12


Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sangat perlu dilaksanakan penelitian terkait strategi-strategi yang digunakan dalam penerapan SP4N LAPOR! di Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini diharapkan dapat melihat inisiasi-inisiasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai sebuah bentuk strategi yang dapat diterapkan untuk keberlangsungan kualitas pelayanan publik yang baik, dan mengeksplore implikasi strategi penerapan SP4N LAPOR! pada pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan paradigma studi kasus. Sejalan dengan kajian penelitian yang mengkaji secara detail mengenai bottom-up innovation atau inovasi dialogis sebagai pengaruh logis dari perubahan zaman. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif analitik, Instrumen penelitian yang dipakai ialah wawancara dan dokumen.

 

Berdasarkan dari temuan hasil penelitian baik dari implementasi SP4N LAPOR, Praktik-praktikbaik terscbut berdampak sccara positif pada wajah Provinsi KalimantanSelatanantara lain : Re-branding SP4NLAPOR! dengan brand LAPOR! Paman, Muncul sebagai pioneer dalam Penandatanganan KomitmenBersama dan Penguatan SP4N-Lapor! bagi Eksekutif ProvinsiKalimantan Selatan. Serta Implikasi-implikasi tersebut diantaranya adalahPeraihan Gelar Top 25 pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2018, Peraihan Gclar Top 10 pada Kompctisi Pengelolaan PengaduanPelayanan Publik Nasional Tahun 2019, Menjadi Satu-Satunya Provinsi di Indonesia yang Masuk dalamKategori Outstanding Achivement pada Kompetisi PengelolaanPengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020, Posisi Pertama Pemda dengan Pengelola Laporan Terbaik padaTahun 2021

 

 

 

Kata Kunci:  Strategi Penerapan, SP4N LAPOR.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI