DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS ASPEK TUJUAN PEMBELAJARAN PJOK DALAM RPP DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANJARBARU UTARA
PENGARANG:ARIE ALFAJAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


ABSTRAK

Arie Alfajar, NIM 1810122210005, 2022.Analisis Aspek Tujuan Pembelajaran PJOK Dalam RPP Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjarbaru Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Sarmidi, M. Kes, AIFO. Pembimbing: (II) Dr. Ma’ruful Kahri, M. Pd.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sudah sesuai dengan aspek tujuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjarbaru Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data dengan menggunakan table check list. Mengenai kesesuaian aspek tujuan pembelajaran PJOK dalamRPP yang dibuat oleh guru PJOK dengan 3 aspek, yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotor.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SD Negeri yang ada di Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah 17 Sekolah Dasar Negeri. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jadi jumlah subyek yang akan digunakan sebanyak 6 sekolahan dari populasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aspek tujuan pembelajaran PJOK dalam RPP yang ada di SDN Kecamatan Banjarbaru Utara pada aspek yang dinilai yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Bahwasanya dalam kesesuaian aspek tujuan pembelajaran PJOK dalam RPP tersebut masuk dalam kesesuaian kurang dengan tingkat persentase 67% (4 RPP) yang menyatakan tersebut.

Kesimpulan yang diambil berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang menunjukkan bahwa kesesuaian analisis aspek tujuan pembelajaran PJOK dalam RPP di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjarbaru Utara masuk dalam kategori kurang.

Kata Kunci: Kesesuaian Aspek Tujuan Pembelajaran PJOK Dalam RPP. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI