DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kreatif Pesan Iklan Gopay “Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini” di Youtube Terhadap Sikap Konsumen(Kognitif dan Afektif) Pada Iklan (Studi Penelitian Pada Masyarakat Kota Banjarmasin).
PENGARANG:HELMA ALMIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


Helma Almira,1910414120021, 2023. Pengaruh Kreatif Pesan Iklan Gopay “Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini” di Youtube Terhadap Sikap Konsumen(Kognitif dan Afektif) Pada Iklan (Studi Penelitian Pada Masyarakat Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Bapak Achmad Bayu Chandrabuwo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kreatif pesan iklan Gopay “Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini!” di Youtube terhadap sikap konsumen pada iklan. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif dengan tipe penelitian dengan metode eksplanatif survei, sehingga dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin yang berusia 17-49 tahun atau sebanyak 354.222 jiwa, dengan jumlah sampel 400 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.

Berangkat dari asumsi Grand Theory yaitu teori S-O-R atau Stimulus-Organisme-Respons maka didapatkan hasil yang menunjukan terdapat pengaruh yang sangat kuat anatara variabel Kreatif Pesan Iklan (X) dan variabel Sikap Konsumen (Y), hal ini dibuktikan dari nilai R sebesar 0,817, hubungan antara variabel X dan Y juga berpengaruh positif dengan nilai t hitung > t tabel (28.268 > 1,966) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun Indikator yang mempengaruhi dari variabel kreatif pesan iklan yaitu relevance, orisinal dan impact sedngkan indikator yang berpengaruh pada variabel sikap konsumen pada penelitian ini yaitu kognitif dan afektif. 

 

Kata kunci : Pengaruh, Iklan, Kreatif Pesan Iklan, Sikap.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI