DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KONSULTAN PERENCANA PADA BIDANG CIPTA KARYA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA BANJARBARU
PENGARANG:RAHMAT JULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


         Konsultanperencanamemegangperananyangsangatpentingdidalamkeberhasilansebuahproyek.Evaluasiterhadapkinerjakonsultanperencanasangatdiperlukan karena sebagian besar keputusan strategis dan biaya proyek bergantung padakinerja konsultan yang diimplementasikan dalam dokumen perencanaan proyek. Sistempenilaian terhadap kinerja konsultan perencana dengan metode Customer SatisfactionIndex(CSI)danmetodeImportancePerformanceAnalysis(IPA)diharapkandapatmenjadibahanrujukandalammelakukanevaluasitersebut secaralebihrincidanterukur.

          Penelitiandilakukandenganmengumpulkandataprimeryangdidapatmelaluikuesioner   sampel   narasumber   pada   Dinas   Pekerjaan   Umumd a n    P e n a t a a nR u a n g KotaBanjarbaru.Datadianalisisdenganmenggunakanbantuanprogramkomputer SPSS versi 25.00 (Statisticl Product and Service Solution). Untuk menentukantingkatkepuasanpartisipandigunakanmetodeCustomerSatisfactionIndex(CSI),sedangkan untuk menentukan faktor-faktor pelayanan yang perlu ditingkatkan digunakanmetode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil jawaban responden terhadapkuesioner,kemudianakandianalisismenggunakanImportance Performance Analysis(IPA).VariabelyangberadadizonaAatauprioritasutamaakanmenjadifokuspenentuanstrategipeningkatan kinerjakonsultan perencana.

           Berdasarkan analisis terhadap 4 indikator dengan tingkat kepuasan sebagai berikut:Indikator Dokumen Perencanaan sebersar 75,57% (Puas), Indikator Waktu Pelaksanaansebersar74,33%(Puas),IndikatorBiayaPerencanaansebesar75,17%(Puas)danIndikatorTermofRefference(KerangkaAcuanKerja)sebesar74,34%(Puas).Berdasarkan hasil analisis faktor dominan dalam peningkatan kinerja tersebut termasukdalam kuadran A adalah faktor konsistensi antara dokumen gambar, RKS, dan EngineerEstimate,faktorketersediaandatateknisterkaitmaterialyangdigunakan,faktorketepatanpenyelesaiandokumenpadasetiaptahapanperencanaan,faktorkesesuaianjenisbiayalangsung personildengan kebutuhan proyek dankesesuaian pengumpulandatayangdilaksanakan konsultan dengan ToR.

Kata    Kunci: Konsultan         Perencana,        Customer            Santisfation       Index,   ImportancePerformanceAnalysis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI