DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGOLAHAN PALM OIL MILL EFFLUENT (POME) DENGAN METODE ELEKTROKOAGULASI UNTUK MENURUNKAN KADAR BOD, COD DAN TSS
PENGARANG:Preceillia Ciptaning Ulfa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


Preceillia Ciptaning Ulfa. 2023. Pengolahan Palm Oil Mill Effluent (POME) Dengan Metode Elektrokoagulasi Untuk Menurunkan Kadar BOD, COD dan TSS. Pembimbing: Dr. Ir. Agus Mirwan, S.T., M.T.; Dr. Ir. Doni Rahmat Wicakso, S.T., M.Eng.

Limbah Cair Kelapa Sawit (POME) dalam pengolahannya memerlukan area lahan yang luas dan teknik pengolahan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi kandungan BOD, COD dan TSS pada POME yang diambil dari kolam outlet sebelum dilakukan elektrokoagulasi dan menentukan kondisi untuk mendapatkan persen penyisihan terbaik dari BOD, COD dan TSS pada POME ditinjau dari waktu reaksi, rapat arus, jenis elektroda dan jarak antara elektroda.

POME diambil dari pabrik kelapa sawit PT. Citra Putra Kebun Asri di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut dan proses elektrokoagulasi dilakukan di laboratorium Pengolahan Air Limbah, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. POME sebanyak 5.000 mL dielektrokoagulasi dalam dua reaktor berbentuk kubus menggunakan dengan variabel waktu reaksi (30, 60, 90, 120, 150, 180, 210, 240, 270 menit), rapat arus (2, 4, 6, 8, 10 mA/cm2 ), jenis elektroda (AlAl dan Fe-Fe), dan jarak antar elektroda (2, 2,5 3, 3,5 cm) untuk mencapai persentase penyisihan tertinggi dari BOD, COD dan TSS.

POME dari kolam outlet masih mengandung BOD, COD dan TSS diatas baku mutu lingkungan. Persen penyisihan tertinggi terjadi pada waktu 270 menit, rapat arus 6 mA/cm2 , elektroda Al-Al dan jarak antara elektroda 3 cm yaitu mencapai 99,97% BOD , 78,43% COD dan 88,58% TSS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI