DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Masyarakat Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review
PENGARANG:RADIYATUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


Latar Belakang: Protokol kesehatan masih menjadi cara ampuh untuk mengatasi peningkatan kasus baru Covid-19. Peran masyarakat masih sangat dibutuhkan untuk menekan lajunya penyebaran. Himbauan pemerintah tentunya perlu dipatuhi oleh masyarakat yang terdampak virus Covid-19.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Metode:Penelitian ini merupakan Literature Review dengan kata kunci: Faktor Kepatuhan Or Determinants of Compliance And Protokol Kesehatan Or Health protocol And Covid-19 Or Coronavirus Disease 2019. Database yang digunakan adalah Google Scholar, Portal Garuda, PubMed dan ScienceDirect. Analisis kualitas artikel menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Tools Checklist for analytical Cross Sectional Studies.

Hasil: Terdapat 5 artikel yang relevan dengan hasil faktor yang memengaruhi kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan didominasi oleh faktor pengetahuan, sikap, motivasi dan sarana prasarana. Faktor lain yang berpengaruh seperti kondisi sosial, keluarga, persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi hambatan, persepsi manfaat, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengawasan, dukungan tokoh masyarakat, kondisi sosial dan ekonomi, kepercayaan pada sistem kesehatan serta demografi dan mata pencaharian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI