DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DAN BAWAHAN PADA PERUSAHAAN KELAPA SAWIT PT. BUMITAMA GUNAJAYA AGRO KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA (Studi Etnometodologi pada Divisi GIS & Administrasi)
PENGARANG:MUTIA RAFIKA SARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-14


Mutia Rafika Sarah. (2023). Peran komunikasi interpersonal pimpinan dan bawahan pada perusahaan Kelapa Sawit PT. Bumitama Gunajaya Agro Di Kecamatan kotawaringin Lama studi Etnometodologi Pada Divisi GIS dan Administrasi. Pembimbing: Abdurrahman Sadikin

 

Penelitian ini dilakukan di PT. Bumitama Gunajaya Agro Di Kecamatan kotawaringin Lama studi Etnometodologi Pada Divisi GIS dan Administrasi, dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Komunikasi interpersonal antara pimpinandengankayawandiDivisiGIS&AdministrasiPerusahaanKelapaSawit PT. BGA Kecamatan Kotawaringin Lama. 2) Komunikasi interpersonal antara karyawandengankayawandiDivisiGIS&AdministrasiPerusahaanKelapaSawit PT. BGA Kecamatan Kotawaringin Lama. 3) Kendala dalam komunikasi interpersonal antara pimpinan dengan kayawan di Perusahaan Kelapa Sawit PT. BGA Kecamatan Kotawaringin Lama. 4) Kendala kendala dalam komunikasi interpersonal antara karyawan dengan karyawan di Divisi GIS & Administrasi Perusahaan Kelapa Sawit PT. BGA Kecamatan KotawaringinLama

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah karyawan dan pimpinan dan karyawan Divisi GIS dan Administrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan 3 informan, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Komunikasi interpersonal antara pimpinandengankayawandiDivisiGIS&AdministrasiPerusahaanKelapaSawit PT.BGAKecamatanKotawaringinLama,Merekasedikitkesulitanuntukmenjalin hubungan interpersonal yang lebih dekat, tetapi mereka juga berusaha untuk memilikikualitaskomunikasiinterpersonalyangbaik,2)Komunikasiinterpersonal antara karyawan dengan kayawan yang dilakukan antar sesama mereka bawahan denganbawahandengancaralebihmengutamakanbentuksikapsalingmendukung dalam pekerjaan dan mereka lebih bertukar pikiran satu sama lain agar dapat memahami masalah yang mereka kerjakan dapat terlaksana dan terselesaikan. 3) Kendala dalam komunikasi interpersonal antara pimpinan dengan kayawan di Perusahaan Kelapa Sawit PT. BGA Kecamatan Kotawaringin Lama adalah dari segi bahasa, pesan yang disampaikan dengan adanya rasa ketertarikan antara dua orang yang berbeda budaya, membuat gangguan dalam komunikasi berkurang, karena mereka berusaha untuk menyampaikan pesan dengan baik. 4) Kendala kendala dalam komunikasi interpersonal antara karyawan dengan karyawan di Divisi GIS & Administrasi Perusahaan Kelapa Sawit PT. BGA Kecamatan Kotawaringin Lama. Mereka terkadang sulit dalam menyampaikan maksud dan tujuan mereka kepada teman sejawat sendiri dalam berkomunikasi disebabkan adanya perbedaan bahasa satu samalainnya.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal pimpinan, bawahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI