DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA KONTEKS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL KALIMANTAN SELATAN DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-14


Pengimplementasian Kurikulum Merdeka dibantu dengan perangkat ajar yang merupakan buku teks dan modul ajar. Beberapa guru masih kesulitan dalam menyusun modul ajar matematika yang dapat menarik perhatian siswa saat pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika konteks etnomatematika permainan tradisional Kalimantan Selatan yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini  adalah pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan uji coba. Subjek uji coba penelitian adalah 34 siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul ajar, angket respons siswa, dan evaluasi siswa. Hasil analisis validasi ahli adalah mendapatkan persentase sebesar 86,4% dengan tingkat kevalidan adalah sangat valid. Hasil persentase nilai kepraktisan adalah sebesar 78,8% yang berarti tingkat kepraktisannya adalah praktis. Hasil analisis evaluasi siswa memiliki persentase ketuntasan siswa sebesar 82,3% yang berarti tingkat keefektifan modul ajar adalah efektif.

 

 

Kata kunci: Modul ajar, etnomatematika, permainan tradisional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI