DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bentuk dan Makna Idiom dalam Kumpulan Puisi "Buku Latihan Tidur" Karya Joko Pinurbo
PENGARANG:FIRDA NABILA HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-14


Idiom merupakan satuan kebahasaan berupa kata, frasa, atau kalimat yang maknanya tidak dapat dijabarkan dari makna unsur penyusunnya, secara leksikal dan gramatikal. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang idiom sangat penting untuk dapat memahami makna yang tersirat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan makna idiom dalam kumpulan puisi Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo, serta menjelaskan penggunaan idiom berdasarkan kategori sintaksisnya.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data berupa kumpulan puisi berjudul Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo. Data berupa kata atau frasa yang bermakna idiom. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Data yang sudah didapat kemudian dianalisis menggunakan metode padan dengan cara membandingkan makna idiomatik dengan makna unsur pembentuknya dan metode agih dengan membagi satuan lingual data menjadi beberapa unsur guna mengetahui tingkat kepenuhan makna dan kategori sintaksisnya.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa, (1) idiom dalam kumpulan puisi ini terbentuk dari gabungan kata atau frasa yang berdasarkan kepenuhan maknanya terbagi ke dalam dua jenis, yakni idiom penuh dan idiom sebagian. (2) Penggunaan idiom berdasarkan kategori sintaksis dalam kumpulan puisi ini ialah idiom sebagai kata sifat (frasa Adjektival), idiom sebagai kata kerja(frasa Verbal), idiom sebagai kata benda (frasa Nominal), dan idiom sebagai kata keterangan (frasa Adverbial).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI