DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KECAMATAN KUSAN TENGAH KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:M. AQMAL AGUSTIANUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


ABSTRAK

M AQMAL AGUSTIANUR, 1610413210011, 2023, Dampak Pemekaran Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Arif Rahman Hakim

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemekaran terhadap pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu dan penghambat pembangunan infrastruktur jalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ialah Camat, Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan di Kecamatan Kusan Tengah, Kepala Desa.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dampak pemekaran terhadap pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu sudah cukup berdampak pada perbaikan infrastruktur jalan. Secara umum memang belum ada perubahan yang siginifikan karena sebagian besar jalan yang ada di ujung atau paling jauh dengan ibu kota kecamatan masih belum beraspal, akan tetapi sudah cukup layak untuk dilewati karena sudah dibangun siring dan pengerasan jalan. Pada indikator perencanaan yaitu musrembang desa, Musrembang tingkat kecamatan, dan kemudian usulan masuk melalui Bappeda kemudian ke Litbang setelah itu diarahkan ke SKPD bersangkutan yaitu Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu. Sebagai kecamatan baru perencanaan perbaikan jalan untuk menghubungkan akses antar desa dan akses menuju kecamatan sudah mulai dibangun secara bertahap. Pada indikator pelaksanaan telah ada perubahan yang dirasakan oleh masyarakat baik dari segi pelayanan dan pembangunan infrastruktur. Fokus pada infrastruktur jalan memang belum ada perubahan yang siginifikan, karena sebagian besar jalan yang ada di ujung atau paling jauh dengan ibu kota kecamatan masih belum beraspal, akan tetapi sudah cukup layak untuk dilewati karena sudah dibangun siring dan pengerasan jalan dengan batu uruk yang lumayan halus.Pada indikator pengendalian yaitu pengawasan baik secara langsung dan tidak langsung sudah dilaksanakan dengan baik oleh pihak Kecamatan Kusan Tengah. dampak dari pembangunan jalan adalah perubahan keadaan social, dan ekonomi yang membaik adapun keadaan politik tidak ada perubahan yang terlalu signifikan. adapun penghambat yang mempengaruhi pembangunan infrastruktur adalah kemampuan finansial, cuaca, dan pembebasan tanah.

Saran yang diberikan kepada pemerintah Kecamatan Kusan Tengah untuk lebih memperhatikan desa paling jauh dengan ibu kota kecamatan, dengan sering berkunjungan dan berkoordinasi mengenai perencanaan permbangunan atau perbaikan infrastruktur jalan. Kepada masyarakat untuk lebih bisa bekerja sama dengan pemerintah dengan menghibahkan sebagian tanahnya untuk pembuatan atau pelebaran jalan.

Kata Kunci : Dampak Pemekaran, Pembangunan Infrastruktur Jalan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI