DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Keterbukaan Informasi Pada Unit Layanan Terpadu Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:NUR ASYIFA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


ABSTRAK

 

 

 

Nur Asyifa Salsabila 1910411220051 “Implementasi Keterbukaan Informasi Pada Unit Layanan Terpadu Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Di bawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.

 

Keterbukaan informasi menurut pasal 1 ayat 2 UU nomor 14 tahun 2008 Keterbukaaninformasipublikwajibdilaksanakanolehseluruhbadanpublikbaikitu  LembagaEksekutif,Legislatif,Yudikatif,atauLembagalainyangberhubungan   denganpenyelenggaraannegaratermasukdidalamnyaadalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN). PenangananinformasipubliksendiridilingkunganUniversitasLambung Mangkurat ditangani oleh perangkat organisasi khusus, yaitu UnitLayananTerpadu(ULT)UniversitasLambungMangkurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi dalam keterbukaan informasi publik di Unit Layanan Terpadu (ULT) sudah berjalan dengan baik.      

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dimana tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasiketerbukaaninformasidi ULT Universitas Lambung Mangkurat serta mengetahuidanmengidentifikasifaktorpendukung maupun faktor penghambatdalam  keterbukaan informasi padaUnitLayanan Terpadu. Hasil penelitian ini telah memenuhi semua teori implementasi yang dikemukakan Edward C. Edward III yakni faktor komunikasi, faktor sumber daya, dipsosisi, dan struktur birokrasi.

 

Faktor yang menjadi pendukung dalam keterbukaan informasi publik pada Unit Layanan Terpadu Universitas Lambung Mangkurat antara lain inovasi, akuntabilitas, transparansi. Diharapkan ke depannya petugas pelaksana Sub Hubungan Masyarakat yang menaungi Unit Layanan Terpadu dapat melakukan sosialisasi kepada mahasiswa untuk pengetahuan mengenai pentingnya keterbukaan informasi publik di lingkungan kampus.

 

 

 

 

 

Kata kunci : Implementasi, keterbukaan informasi, Unit Layanan Terpadu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI