DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI PENJUAL DAN PEMBELI PADA PRAKTIK JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL DALAM PENERAPAN NILAI KARAKTER RELIGIUS
PENGARANG:NOOR ANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


ABSTRAK

 

Noor Anisa. 2023. Interaksi Penjual dan Pembeli Pada Praktik Jual Beli Di Pasar Tradisional Dalam Penerapan Nilai Karakter Religius. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Fatimah.

Kata Kunci: Jual Beli, Interaksi, Pasar Tradisional, Karakter Religius

Interaksi di era moderenisasi dewasa ini yang semakin pesat membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap segala aspek kehidupan manusia tidak terkecuali dalam segi nilai karakter masyarakat yang semakin berkurang akibat terkikis kemajuan teknologi yang terus berkembang. Untuk membentengi masyarakat akan dampak tersebut yakni dengan menerapakan nilai karakter religius dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai agama sangat kental dalam praktik jual beli di Pasar Lama harus terus diterapkan dalam lingkungan masyarakat Banjar yang dikenal sebagai masyarakat yang agamis dan berbudaya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ditemukan bahwa menunjukkan bahwa interaksi di pasar tersebut masih tradisional dan bergantung pada karakter nilai religius, memiliki keterbukaan dalam bidang harga dan kualitas barang, serta pengalaman hidup yang dibagikan. Kebiasaan berdagang dengan akad berdasarkan rukun jual beli yang diatur dalam agama dan gemar bersedekah juga menjadi bagian dari interaksi di pasar tersebut sehingga memunculkan karakter nilai religius pada masyarakat Pasar Lama. Implikasinya adalah nilai-nilai agama dan budaya lokal dapat memperkuat interaksi sosial yang harmonis dan saling menguntungkan dalam konteks jual beli di Pasar Lama.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah pentingnya mempertahankan dan menerapkan nilai-nilai agama dan budaya lokal dalam kegiatan jual beli di pasar tradisional seperti Pasar Lama. Hal ini akan membantu dalam membangun kepercayaan antara pedagang dan pembeli serta memperkuat interaksi sosial yang harmonis. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan nilai-nilai positif seperti kejujuran dan keterbukaan dalam bidang harga dan kualitas barang. Para pedagang dan pembeli harus berperilaku dengan jujur dan menghindari tindakan-tindakan yang merugikan pihak lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI