DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi kebijakan pemerintahan terhadap penggunaan LPG 3 kg di Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin
PENGARANG:ANNISA TASYA BELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-18


ABSTRAK

 

Annisa Tasya Bella, 1710413620016, 2022, Implementasi Kebijakan Pemerintah terhadap Penggunaan LPG 3 kg di Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin, bimbingan Saifudin.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap penggunaan LPG 3 kg di Kelurahan Telaga Biru, Kota Banjarmasin. Kebijakan yang ditinjau dalam penelitian ini adalah Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor 44 Tahun 2021 tentang tim koordinasi monitoring dan evaluasi minyak tanah dan gas di kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dengan informan dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah pada teori implementasi kebijakan oleh Ripley dan Franklin.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemerintah terhadap penggunaan LPG 3 kg di Kelurahan Telaga Biru, Kota Banjarmasin belum dapat dilaksanakan dengan baik karena belum berhasil mencapai indikator-indikator dalam teori acuan penelitian. Pada aspek kepatuhan, masih ditemukan adanya ketidakpatuhan pihak terkait dalam melaksanakan tugas penyaluran serta dalam upaya monitoring dan evaluasi. Kemudian pada aspek rutinitas dan fungsi, pelaksanaan fungsi masih tidak tepat sesuai dengan kebijakan berupa penyaluran pada masyarakat yang tidak tergolong prioritas, serta proses pelaksanaan implementasi yang masih terkendala oleh campur tangan pengecer, penjualan tidak tepat sasaran hingga monitoring dan evaluasi yang belum maksimal oleh pihak yang bertanggung jawab. Sementara itu, pada aspek kinerja dan manfaat, terdapat kinerja oleh sebagian pihak yang belum terpenuhi jika mengacu pada isi dari kebijakan yang ada, serta masih adanya keluhan-keluhan yang dialami masyarakat dalam hal kemudahan membeli LPG 3 kg di Kelurahan Telaga Biru.

 

Kepada Pihak Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kelurahan Telaga Biru dirasa sangat perlu untuk meningkatkan koordinasi intensif dengan seluruh pihak yang bertanggung jawab agar dapat mewujudkan monitoring dan evaluasi penyediaan hingga penyaluran LPG 3 kg yang lebih baik, sehingga dapat mewujudkan kinerja dan manfaat yang signifikan. Sementara bagi pihak penyedia, distributor dan penyalur dapat berupaya lebih maksimal untuk memastikan kepatuhan pada kebijakan agar meningkatkan ketepatan sasaran di masyarakat. Adapun untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan eksplorasi lebih pada wilayah penelitian yang lebih luas hingga jumlah subjek yang lebih banyak, sehingga dapat menjadi hasil yang komparatif dan variatif pada topik penelitian yang sama.

 

Kata kunci: Implementasi, LPG 3 kg, Kelurahan Telaga Biru

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI