DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:ANGGI YULIAS TINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-19


 

ABSTRAK

 

Anggi Yulias Tina, 1710413620014, 2022, Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, Pembimbing  Saifudin.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala desa dalam pembangunan infrastruktur desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari Stephen P. Robbins mengenai kinerja yaitu: Kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas dan Kemandirian.  

 

            Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Kepala Desa dalam pembangunan infrastruktur desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala sudah cukup baik, dilihat dari indikator Stephen P. Robbins yaitu, Kualitas yang dilakukan oleh kepala desa Pulau Alalak dalam perencanaan yaitu adanya kemampuan individual dalam keterampilan, memiliki RAB serta pembangunan infrastruktur dengan membentuk tim sebagai penyelenggara pembangunan infrastruktur desa. Sedangkan, pelaksanaan dimana kualitas kerjas yang dilakukan oleh kepala desa Pulau Alalak dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur masih belum optimal hal tersebut bisa dilihat dari program-program yang belum berjalan sesuai sehingga menjadi tidak tepat sasaran. Kuantitas, dalam pelaksanaan yaitu banyaknya program yang tidak dibuat sesuai dengan jumlah sumber daya manusia yang berada di Desa Pulau Alalak. Ketepatan waktu, dalam pelaksanaan yaitu terkendalanya anggaran pada saat itu dikarenakan pandemi yang melanda, berdampak pada kinerja berjalanan proses pembangunan infrastruktur. Sedangkan evaluasi yang dilakukan desa memang harus menyiapkan LPJ tersebut untuk diinformasikan kepada masyarakat desa agar masyarakat mendapatkan transparansi mengenai proses manajemen keuangan desa yang didiaminya. Efektivitas dalam pelaksanaan yaitu bahwa program belum memberikan dampak yang efektif atau yang kurang baik. Sedangkan, pengawasan yaitu bahwa tahun ini tidak adanya dana yang mengarah pada pembangunan jalan, memunculkan sebuah presepsi dari peneliti bahwa ada sikap tidak komitmen untuk mengatasi masalah tersebut. Kemandirian yaitu dalam komitmen pertanggungjawaban oleh pihak desa yaitu menyampaikan pada kegiatan tahunan capaian-capain kinerja pada program yang dilaksanakan.

 

 

            Kepada Kepala Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala perlu adanya meningkatkan strategi untuk mendorong serta melibatkan masyarakat dalam pembangunan desa. Perlu adanya meningkatkan penyelesaian pembangunan tepat waktu dan dalam komunikasi diharapkan masyrakat ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan desa yang ada di Pulau Alalak.

Kata kunci : Kinerja, Pembangunan Infrastruktur, Pemerintah Desa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI