DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kampanye Digital Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling pada Instagram @dampingsetara sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Dalam Pacaran
PENGARANG:HILMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Hilmawati, 1810414120011, Kampanye Digital Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling pada Instagram @dampingsetara sebagai Upaya Pencehagan Kekerasan Dalam Pacaran, Dibawah bimbingan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Miskonsepsi yang terjadi terhadap hubungan pacaran membuat Kekerasan Dalam Pacaran sulit disadari baik oleh korban maupun orang sekitar. Hal tersebut juga menjadi penyebab mengapa kasus kekerasan dalam pacaran sulit untuk dibawa ke proses hukum. Dalam upaya mencegah terjadinya Kekerasan Dalam Pacaran ini,  DAMPINGSETARA melakukan kampanye Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling melalui akun Instagram @dampingsetara.

Metode yang digunakan adalah kualitatif tipe deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kampanye Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling berdasarkan tahap-tahap kampanye menurut Antar Venus, serta pembahasan dalam perspektif Teori Difusi Inovasi dan Four Function of Digital Campaign Theory Jungherr. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DAMPINGSETARA melaksanakan kampanye Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling dengan tujuan terwujudnya pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya hubungan sehat untuk mencegah Kekerasan Dalam Pacaran melalui tahap perencanaan dengan menetapkan target sasaran dewasa muda, menetapkan tujuan, dan menyusun pesan dengan mengembangkan strategi personal branding, visual branding, content writing strategy, social media strategy, dan tone of voice sebagai pedoman gaya komunikasi. Tahap pelaksanaan kampanye dilakukan dengan perekrutan personel kampanye yang dilakukan setiap 6 bulan sekali, mengonstruksi pesan berupa content pillar yang bervariasi, tindakan kampanye yang ditunjang oleh sumber daya internal dan eksternal, proses pemantauan oleh Chief Marketing Officer dan Social Media Manager, serta evaluasi yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Maka, kampanye Hubungan Sehat dan Setara #SalingBukanPaling ini sudah sesuai dengan tahap-tahap perencanaan dan pelaksanaan kampanye oleh Antar Venus.

Kata kunci: Kampanye, kampanye digital, Hubungan sehat, Kekerasan Dalam Pacaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI