DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 2 Kuala Kapuas
PENGARANG:KTUT ARTE WARDANE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Wardane, K. A, 2023. Implementasi Manajemen  Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 2 Kuala Kapuas. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan  Program  Pasca Sarjana  Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. H. Prof. Dr. H. Wahyu, MS,  dan Pembimbing (2) Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci :  Implementasi,  Manajemen,  Gerakan Sekolah Menyenangkan

Untuk mendorong kesadaran membentuk sekolah yang menyenangkan bagi semua warga sekolah, perlu membangun  pembelajaran yang menarik guna melakukan perubahan sekolah agar menjadi tempat belajar yang dirindukan oleh peserta didik sehingga dapat mengembangkan minat dan bakat secara maksimal. Sekolah yang menyenangkan merupakan strategi dalam membina karakter,  karena dapat merubah mindset, mental, perilaku dengan efektif dan efesien di mana peserta didik dapat menggali dan mengembangkan potensi diri peserta didik,  sesuai minat dan bakat, sehingga dapat mencetak lulusan yang mandiri, kreatif dan unggul, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi gerakan sekolah senyenangkan di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 2 Kuala Kapuas

Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Melalui metode kualitatif, bermaksud memahami masalah di lapangan tentan adanya kepemimpiman kepala sekolah, komitmen warga sekolah dan pemanfaatan sarana prasarana untuk menciptakan sekolah yang menyenangkan yang ada di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 2 Kuala Kapuas secara mendalam tentang Implementasi manajemen GSM..

 

Hasil analisis data penelitian dilihat dari focus penelitian yaitu perencanaan GSM dimulai dari Perumusan Visi dan Misi sekolah, pengorganisasian dilakukan dengan pembentukan tim kerja dan kepanitian disetiap program yang dilaksanakan, pelaksanaan Gerakan sekolah menyenangkan dilakukan dengan penyesuaian kurikulum yaitu kurikulum merdeka dengan penyelarasan dengan DU/DI, pembangunan sarana prasarana dan penguatan karakter peserta didik melalui budaya positif dan penguatan profil pelajar Pancasila, sehingga dapat disimpulkan bahwa Implementasi manajemen Gerakan sekolah menyenangkan perlu dukungan, partisifasi, komitmen dan pelaksanaan yang konsisten dari semua warga sekolah serta perlu adanya evaluasi bersama secara  terus menerus oleh semua warga sekolah dan tim yang sudah ditugaskan. Pentingnya Gerakan sekolah menyenangkan ini, disarankan perlu lebih di sosialisasikan kepada semua warga sekolah agar partisifasi warga sekolah lebih meningkat, meningkatkan kualitas sarana prasarana dan lingkungan sekolah untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI