DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MELATIH SIKAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD/MI
PENGARANG:ANNISA LATIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Sikap berpikir kritis merupakan syarat awal untuk memperoleh kemampuan berpikir kritis. Untuk melatih sikap berpikir kritis siswa, maka seorang guru perlu merancang perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah modul ajar. Modul ajar berbasis etnomatematika diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengenalkan budaya, meningkatkan pemahaman siswa akan materi, sekaligus melatih sikap berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes evaluasi, lembar observasi sikap berpikir kritis, serta angket sikap berpikir kritis. Kevalidan modul ajar dinilai berdasarkan hasil validasi oleh tiga orang validator. Kepraktisan modul ajar diperoleh dari angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan modul ajar diperoleh dari tes evaluasi, lembar observasi berpikir kritis, dan angket sikap berpikir kritis. Hasil validasi modul ajar menunjukkan rata-rata persentase sebesar 90,30% dan berada pada kriteria sangat valid. Analisis hasil angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 75,60% dan berada pada kriteria praktis. Analisis hasil angket respon guru menunjukkan persentase sebesar 85,71% dan berada pada kriteria sangat praktis. Analisis hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase sebesar 84,93% dan berada pada kriteria baik. Analisis hasil tes evaluasi siswa menunjukkan persentase ketuntasan belajar sebesar 92% dan berada pada kriteria sangat efektif. Analisis hasil lembar observasi sikap berpikir kritis menunjukkan persentase 70,93% dan berada pada kriteria kritis. Sedangkan analisis hasil angket sikap berpikir kritis siswa menunjukkan persentase sebesar 74,71% dan berada pada kriteria kritis. Dengan demikian, modul ajar berbasis etnomatematika untuk siswa kelas IV SD/MI ini valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatih sikap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

 

Kata kunci: Etnomatematika, modul ajar, sikap berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI