DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DENGAN KONTEKS LAHAN BASAH BERDASARKAN TEORI NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
PENGARANG:SRI WIDIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolahmenengah pertama. Salah satu materi mata pelajaran matematika adalah materiperbandingan. Soal matematika pada materi ini biasanya berbentuk soal cerita yangmemuat permasalahan-permasalahan kontekstual yang sesuai dengan kehidupansehari-hari. Soal matematika yang berbentuk cerita biasanya dianggap sulit olehsebagian siswa, sehingga terdapat kesalahan siswa dalam mengerjakan soalmatematika berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jeniskesalahan yang dilakukan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent danfield dependent dalam mengerjakan soal cerita matematika berdasarkan teori
Newman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif denganpendekatan kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Islam TerpaduUkhuwah Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple randomsampling sehingga diambil sampel dari 4 kelas dengan jumlah 42 siswa. Teknikpengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif dan tes soal uraian yang dianalisisberdasarkan teori Newman. Data dianalisis menggunakan statistik deskiptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis kesalahan yang dilakukan siswakelas VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin yang memiliki gaya kognitiffield independent yaitu pada tahap membaca termasuk kategori rendah, tahapmemahami termasuk kategori rendah, tahap transformasi termasuk kategori rendah,tahap keterampilan proses termasuk kategori cukup tinggi dan tahap penulisanjawaban termasuk kategori cukup tinggi. Sedangkan lima jenis kesalahan yangdilakukan siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin yang memilikigaya kognitif field dependent yaitu pada tahap membaca termasuk kategori sangatrendah, tahap memahami termasuk kategori cukup tinggi, tahap transformasitermasuk kategori sangat rendah, tahap keterampilan proses termasuk kategori cukuptinggi dan tahap penulisan jawaban termasuk kategori cukup tinggi.

Kata kunci: analisis kesalahan, perbandingan, teori Newman, gaya kognitif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI